Total Tayangan Halaman

Minggu, 29 Mei 2011

IT part 14

e-dukasi.net
e-dukasi.net adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan. Portal ini berisi bahan belajar, wahana aktivitas komunitas dan info pendidikan. Pemanfaatan e-dukasi.net ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas.

Tujuan
Menurut Anda, apa tujuan dikembangkan e-dukasi.net? Ya, e-dukasi.net dikembangkan untuk memfasilitasi berbagai hal dengan tujuan:
1) tersedianya berbagai bahan belajar berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan komunitas pendidikan;
2)  terjadinya komunikasi dan kolaborasi antar komunitas pendidikan;
3)  terbentuknya budaya belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
a.    Manfaat
Manfaat e-dukasi.net dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu sebagai sumber belajar dan sebagai sarana komunikasi serta kolaborasi antarsekolah.
1)    Sumber Bahan Belajar
a)    Anda dapat memperoleh berbagai sumber bahan belajar yang meliputi Materi Pokok, Modul Online, Pengetahuan Populer, Bank Soal, Uji Kompetensi, Multimedia Interaktif, dan Video on Demand.
b)    Anda dapat berbagi ilmu dengan cara mengirimkan karya berupa bahan belajar berbasis web ke administrator e-dukasi.net untuk di upload.
c)    Anda dapat mendownload bahan belajar pada e-dukasi.net dan menggunakannya sesuai kebutuhan belajar Anda.

2)    Sarana Komunikasi dan Kolaborasi Antar Sekolah
a)    Anda dapat berkomunikasi, berbagi ide dan pengalaman dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum.
b)    Anda dapat memperoleh dan mengirimkan informasi mengenai berita dan artikel serta event yang terjadi dalam komunitas pendidikan.
c)    Anda akan memperoleh ruang (space) untuk menampilkan profil sekolah sebagai subdomain e-dukasi.net.
d)    Anda dapat mengikuti kelas maya melalui fitur telekolaborasi e-dukasi.net.


b.   Perangkat Pendukung
Perangkat pendukung apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mengakses e-dukasi.net? Tentu saja meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Penjelasan dari perangkat-perangkat tersebut adalah sebagai berikut.

1)    Hardware Pendukung
Perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan untuk dapat mengakses e-dukasi.net adalah sebagai berikut:
a)    Komputer berprosesor minimal Pentium III 800MHz, atau AMD, atau setara. Disarankan Pentium IV multimedia komputer, atau yang sederajat.
b)    Untuk memaksimalkan sistem operasi diperlukan kapasitas memori minimal 256 MB.
c)    Hardisk tergantung sistem operasi yang dipakai. Disarankan 10 GB ke atas.
d)    Modem untuk koneksi ke internet atau Ethernet card untuk jaringan local yang sudah terhubung ke internet. Khusus untuk pemanfaatan bimbel online, dibutuhkan modem DSL atau koneksi ethernet dengan bandwith minimal 150 kbps.
e)    Monitor berwarna minimum yang mampu menampilkan resolusi 1024 x 768 pixels dan mampu menampilkan minimum 256 warna.
f)     Speaker dan mikrofon


2)    Software Pendukung
Untuk software pendukung seperti halnya hardware, beberapa aplikasi software yang dibutuhkan untuk dapat mengakses e-dukasi.net, minimal sebagai berikut:
a)    Sistem operasi yang dipakai Windows 2000, ME, XP, Vista, Linux, atau sistem operasi lainnya.
b)    Internet Explorer min 5.0, Netscape Navigator, FireFox, Mozilla, Opera atau browser lainnya yang menyediakan plugin untuk flash player.
c)    Flashplayer versi 6 ke atas
Langkah-langkah download dan instal Flash Player versi 6 di Internet Explorer :
1)    buka halaman Flash Player Download Center di alamat URL   http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/
2)    untuk download flash player silakan klik “INSTALL NOW”
3)    jika terdapat security setting di komputer anda, mungkin akan ada peringatan. silahkan klik ”Yes” untuk menerima Active X Control.

4)    Setelah muncul tampilan logo Macromedia Flash Player 6 dan teks maka anda telah berhasil meninstall Flash Player 6.
d)    Adobe acrobat reader versi 5 ke atas.
e)    WinZip atau WinRar atau software pengkompres file sejenis lainnya.
d)  Real player  versi 6 ke atas
Coba Anda diskusikan dengan peserta pelatihan, perangkat keras dan perangkat lunak apa saja yang dimiliki sekolah kaitan dengan komputer dan internet. Hal ini untuk mengetahui apakah sekolah mereka dapat mengakses e-dukasi.net.

c.    Koneksi Internet
Untuk pemanfaatan e-dukasi.net secara umum koneksi internet yang dibutuhkan, cukup menggunakan Dial Up dengan kecepatan 34 kbps atau melalui jaringan LAN yang terhubung dengan internet. Namun untuk pemanfaatan bimbel online dibutuhkan koneksi internet minimal 150 kbps atau setingkat koneksi DSL (Digital Subscribe Line).
Berdasarkan uraian materi pada kegiatan 1, dapat disimpulkan bahwa e-dukasi.net merupakan portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas pendidikan. e-dukasi.net dikembangkan dalam rangka menyediakan berbagai bahan belajar berbasis web dan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar komunitas pendidikan. Yang tidak kalah pentingnya e-dukasi.net dikembangkan untuk membentuk budaya belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar