Total Tayangan Halaman

Minggu, 12 Juni 2011

Kuadran Employee

Robert T. Kiyosaki, penulis buku The New York Times #1, Rich Dad Poor Dad & seri buku Rich Dad menguraikan 4 macam orang yang terdapat dalam bisnis dan perbedaan nilai inti mereka. Sekolah tradisional melatih untuk menjadi orang yang berada di sisi kiri Kuadran (Employee dan Self employed) untuk menjadi karyawan atau orang yang bekerja sendiri, dimana anda belajar untuk berkerja sendiri, dimana anda belajar untuk bekerja keras guna mendapatkan uang. Dalam membahas kuadran, Robert menunjukkan bahwa disisi kiri kuadran, karyawan dan orang yang bekerja sendiri mewakili cara mendapatkan uang sendirian, sebagai pribadi. Artinya potensi penghasilannya terbatas, terbatas pada kemampuan mereka sendiri dan waktu pribadi mereka untuk berkerja. Hanya ada sejumlah waktu tertentu dalam sehari. Namun, orang-orang sukses di sisi kanan kuadran (Business Owner dan Investor) bekerja dalam tim. Mereka membentuk jaringan sendiri untuk mencapai kesuksesan. Potensi penghasilannya tidak terbatas karena didasarkan pada waktu orang lain dan uang orang lain yang bekerja untuk mereka.
Employee (karyawan)
Orang-orang di kuadran employee tidak mempunyai pilihan. Pemerintah memajaki penghasilan mereka sebelum mereka mendapat bayaran, memberi mereka sangat sedikit pilihan untuk berinvestasi. Banyak yang menjadi employee terpaksa semata-mata karena kebutuhan hidup. Beberapa mahasiswa melamar pekerjaan untuk posisi apapun. Yang penting dapat pekerjaan dulu. Begitulah kira-kira yang ada di pikiran mereka. Ironis memang. Alhasil, tidak banyak yang benar-benar berhasil. Di sisi lain banyak juga entrepreneur yang tidak terlalu mencintai usahanya sehingga lebih banyak berorientasi pada profit semata tanpa memperdulikan nilai tambah. Bidang usaha yang digeluti belum tentu adalah hal yang benar-benar disenangi oleh wirausaha tersebut.
Keberhasilan atau sukses ukurannya tidak hanya pada seberapa banyak Anda dapat menghasilkan tapi pada seberapa Anda sungguh-sungguh menyenangi apa yang Anda lakukan. Anda tetap dapat berhasil baik sebagai employee atau entrepreneur. Apapun yang Anda kerjakan saat ini, apakah itu sebagai seorang karyawan atau sebagai pengusaha, lakukanlah itu dengan semangat karena memang Anda menyenanginya. Jika Anda belum merasa bahwa itulah yang Anda sukai, ambil keputusan besar dalam hidup Anda saat ini juga. Life is too short. Go out and do something that you like! (MJ)
Business Owner ( pengusaha)
Kekuatan owner business, bisnis yang sebenarnya tidak mempunyai batas penghasilan dan tidak mempunyai batas internasional. Belajarlah melakukan transaksi kecil sehingga anda mempunyai pengalaman melakukan transaksi besar.
Self Employed ( orang yang bekerja sendiri)
Kuadran self employed lebih memfokuskan pada pengetahuan produk, keahlian menjual, dan berapa banyak uang yang dapat di peroleh. Investor kuadran Self employed sejati, yaitu orang yang bekerja sendiri atau pengusaha kecil akan berinvestasi dalam sesuatu yanf disebut metode investasi praktis. Mereka adalah orang yang ulet dan kuat dalam dunia kerja, sehingga mereka berinvestasi sebagai orang yang kuat dan ulet juga. Jadi kalau mereka berinvestasi di real estate, mereka sering berinvetasi pada sesuatu yang dapat dikerjakan sendiri, karena mereka ingin yang praktis. Mereka suka sekali merenovasi sesuatu, guna menghemat biaya dan komisi.
Investor (pemodal)
Dalam dunia keuangan, investor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Terkadang istilah "investor" ini juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditi, derivatif, saham perusahaan, ataupun aset lainnya dengan suatu tujuan untuk memperoleh keuntungan dan bukan merupakan profesinya serta hanya untuk suatu jangka pendek saja.
Beberapa jenis investor misalnya :
• Investor perorangan (termasuk dana investasi realestat yang atas nama perorangan dan suatu perusahaan yang dibentuk guna mengelola dana investasi)
• Kolektor dari benda seni, benda antik, dan sesuatu lainnya yang bernilai.
• Investor penyandang dana, yang dalam bahasa asing disebut angel investor (atau di Eropa disebut "business angel", yaitu seseorang yang memiliki dana yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk digunakan sebagai modal awal suatu usaha dengan imbalan saham dari perusahaan tersebut.
• Modal ventura, yang merupakan investasi kolektif dari beberapa orang, perusahaan, dana pensiun, dana cadangan asuransi, ataupun sumber dana lainnya.
• Bank investasi
• Bisnis dalam bidang investasi.
• Kontrak Investasi Kolektif, termasuk real estate investment trust
• Reksadana, hedge fund, reksadana tertutup , dan penempatan dana lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar